Thursday, September 26, 2013

Tuhan Berkarya; Kami Pake Jas Almamater

Kau selalu punya cara untuk menolongku
Kau selalu punya jalan kebaikanMu
Kau dahsyat dalam segala perbuatanMu
Dan ku tenang di dalam caraMu
(Tuhan Punya Cara)
Saya ingat, dulu saat masih SMA, saya pernah nangis karena merasa gak akan pernah bisa ngelanjutin pendidikan. Bapak yang adalah buruh serabutan, dan ibu yang sehari-harinya jualan di kantin sekolah gak mungkin bisa membiayai kuliah saya. Waktu itu saya seperti kehilangan semua mimpi. Padahal sejak kecil saya pengen banget jadi guru. Gimana caranya bisa ngewujudin cita-cita kalo gak bisa kuliah? Semaleman saya nangis di dalem kamar, saya bahkan sampe nulis di buku harian kalau saya bakalan berhenti punya mimpi. 

But, fortunately, melalui orang-orang di dekat saya, Tuhan mengingatkan saya kalau semua masih bisa terjadi. Melalui cara-NYA yang ajaib, saya akhirnya bisa menggunakan jas almamater, diterima di perguruan tinggi yang bisa mengantarkan mimpi saya sebagai seorang guru, dengan beasiswa. Hingga saat ini, bapak dan ibu bahkan tidak mengeluarkan uang untuk biaya kuliahs saya. Berkat Tuhan tidak pernah berhenti mengalir.

Kalau saya pulang kampung, ibu masih gak nyangka kalo anaknya bisa jadi mahasiswa, pergi ke kampus dan pake jas almamater. Tapi inilah kenyataannya. Karya Tuhan yang nyata dalam kehidupan kami. Dan bapak, setiap kali dapet pertanyaan dari orang lain, bagaimana sampe bisa nyekolahin anak, beliau bakalan bilang, "Bukan saya yang nyekolahin. Ini karena kebaikan Tuhan."

Dan kebaikan Tuhan rupanya tidak berhenti sampe disana. Adik saya, akhirnya jadi mahasiswi di fakultas kedokteran, jurusan psikologi. Beberapa orang sempat meragukan semua ini. Gimana caranya bisa menanggung biaya pendidikan dua orang anak di perguruan tinggi? Sekali lagi, Tuhan yang punya cara. Apa yang tidak mungkin bagi manusia, mungkin bagi-NYA. 

Saya coret pernyataan yang dulu sempat saya tulis bahwa saya akan berhenti bermimpi. Saya gak akan pernah berhenti menaruh pengharapan di dalam Tuhan. Saya percaya bahwa IA menyusun skenario yang indah untuk kehidupan ini :)


2 comments: